CORDOBA TERTUA & TERINDAH




 Terindah

            Masjid Cordoba dibangun oleh Abdurrahman Ad-Dakhil. Menurut catatan, masjid yang dikelilingi benteng setinggi 50 meter ini dibangun selama 19 tahun (838-852). Namun sejak berakhirnya kekuasaan Islam di Cordoba (akhir abad ke 15), masjid itu tak lagi digunakan untuk salat atau kegiatan  lainnya. Namun meski sudah berusia 1150 tahun, Masjid Cordoba mash terawatt dengan baik. Arsitekutr dan kaligrafi Masjid Cordoba yang dibuat oleh para insinyur dari Spanyol, Turki, Irak, danAfrika itu menjadi ilham bagi arsitektur.

Masjid danGereja

            Sungguh unik. Tepat ditengah-tengah masjid, terdapat gereja atau Katedral  (dibangun 1523). Bangunan seluas 400  m2 ini tak pernah digunakan untuk beribadah. Kini, setiap bulan ribuan umat Islam dan Nasrani berkunjung ke Masjid Cordoba dan Katedral. Merekai ngin mempelajari dan mengenang sejarah. Karenahanya Cordoba satu-satunya di dunia yang terdapat Masjid dan Gereja dalam satu bangunan.

Tak Perlu Pengeras Suara

            Masjid ini tak butuh pengeras suara. Konstruksi bangunan masjid itu sudah dirancang dengan sangat canggih. Sehingga bacaan imam bias terdengar oleh 10.000 jama’ah.

0 komentar:

Poskan Komentar