IRC


Chatting sudah tidak asing lagi untuk kalangan muda, bahkan sekarang banyak orang tua juga mulai mengenal istilah chatting. Untuk lebih mengenal apa sih sistem dibalik chatting ini, maka artikel TIK kali ini akan membahas tentang IRC atau Internet Relay Chatting.
IRC adalah fasilitas di internet yang memungkinakan pemakai melakkukan percakapan dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif dengan cara mengetik pada keyboard. IRC ini ditujukan untuk melakukan komunikasi dalam bentuk individual dan group untuk mendukung forum diskusi.
IRC menggunakan protokol TCP atau disebut Transmission Control Protocol. Secara operational IRC menggunakan SSL atau secure Socket Layer. SSL adalah protokol yang dirancang untuk menjamin keamanan dalam berkomunikasi untuk mencegah penadapan oleh orang lain. SSL ini tidak hanya diterapkan untuk chatting tetapi juga diterapkan untuk WWW dan e-mail.
Komunikasi dengan menggunakan IRC disebut chatting. Komunikasi seperti ini sangat bermanfaat, terutama bila kita ingin bercakap-cakap secara langsung dengan orang lain yang lokasinya sangat jauh, tetapi tidak memungkinkan atau terlalu mahal untuk berkomunikasi menggunakan telepon.
Untuk melakukan chatting, program klien IRC perlu dipersiapkan. mIRC dan Yahoo! Messenger merupakan contoh program klien IRC yang sangat terkenal di lingkungan WIndows, Selain itu Opera dan Firefox bisa dijadikan pilihan. Di lingkungan Linux, terdapat program seperti Kopete, Konversation, Opera dan X-chat. Saat ini beberapa situs Web memungkinkan melakukan chatting tanpa memerlukan prgoram IRC. Sebagai contoh Yahoo! Mail menyediakan fasilitas untuk melakukan komunikasi dalam bentuk tulisan. Google juga telah menyediakan layanan chatting ini yang disebut GTalk. Untuk menggunakan Gtalk ada dua cara yaitu dengan fasilitas gmail dan applikasi desktop dimana klien harus menginstallnya di komputer mereka.
Jika Anda berada dalam lingkungna Macintosh, saat ini mereka menggunakan layanan iMassege yang digunakan untuk chatting dan pengiriman gambar. tetapi hal ini hanya dapat dilakukan dalam lingkungan MAC saja tidak dapat digunakan dalam lingkungan windows. Tetapi saat ini sudah banyak layanan IRC yang dapat digunakan di MAC seperti yahoo messenger & Skype.
Tidak hanya berkomunikasi melalu tulisan, saat ini program IRC telah didukung dengan fasilitas voice dan video call dimana komunikasi dapat dilakukan dengan suara dan bertatap muka melalui fasilitas web cam yang telah tersedia sesuai dengan fasilitas komputer klien masing-masing.
sumber:Having Fun with Computers, Abdul Kadi dan sumber lain

src:http://www.artikeltik.com/

0 komentar:

Poskan Komentar